Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PUNYA ANAK BANYAK TAPI SUSAH BANGUN SEMUA? INI TIPS JITUNYA



Setahun yang silam, SyababSalafy ‘dianugerahi’ 20 anak. Mereka berasal dari berbagai penjuru Nusantara.  Yang paling jauh berasal dari Aceh. Tentu, SyababSalafy mendapati watak dan karakter mereka sangat beragam. Latar belakang masing-masing mestinya juga tidak sama. Namun, ada satu hal yang menjadi sorotan bagi seorang SyababSalafy. Yang namanya anak-anak wajar kan kalau susah untuk bangun tidur? Yang sudah gede aja kadang juga susah. Hehe

Hal ini pun membuat SyababSalafy memutar otak. Pasalnya, ia ‘dianugerahi’ anak-anak tersebut supaya ia didik menjadi anak-anak yang baik dan saleh. Tugas berat sih.

Di hari pertama mereka masuk pesantren masih rajin banget. Wajar ya? Namun, beberapa hari setelahnya mereka mulai berubah. ‘Lebih santai’. Sudah kenal dengan lingkungan dan keadaan sekitar.

Walhasil, susahnya mereka untuk bangun tidur menjadi problem utama. Pasalnya, mereka kalau sudah telat bangun, bisa jadi shalat subuhnya juga telat. Lha wong kamar mandinya cuma sedikit dan santrinya banyak. Antrianpun sudah pasti mengular.

Untung saja, syababsalafy mendapat ide cukup baik. Semoga sobat Syabab yang sedang mendapat tugas kemusyrifan di pesantren bisa terinspirasi.

Alhamdulillah, SyababSalafy bersyukur banget. Setelah ide ini diterapkan, ternyata nggak ada lagi santri yang susah bangun. Malahan, mereka bangunnya gasik banget. Syababsalafy pun sampai kalah bangunnya. Wah, hebat! Kok bisa begitu? Penasaran kan.

Jadi begini, dari 20 anak yang ada dalam satu kamar itu SyababSalafy bagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 4 anak ditambah 1 ketua. Setelah kita bagi, SyababSalafy menulis kelompok tersebut di papan tulis asrama.

Nah, kalau sudah begitu, SyababSalafy membuat ‘aturan main’. Ini intinya.

·       SyababSalafy membuat patokan waktu telat bangun, biasanya pukul 04.00. Tidak ada toleransi terlambat sedikitpun.

·        Setiap kelompok bertanggung jawab atas anggotanya masing-masing untuk membangunkan.

·        Jika salah satu anggotanya ada yang telat bangun, maka satu kelompok tersebut dianggap telat semua. Hal ini kita tetapkan supaya satu tim tersebut solid dan kompak.

·        Bagi kelompok yang telat akan mendapatkan 1 poin.

·        Kemudian, setiap hari Jum’at dilihat kelompok mana yang poinnya paling banyak. Dialah yang akan mendapatkan hukuman. Jadi, kalkulasi poin dihitung sepekan 1 kali. Berarti, pekan berikutnya poin masing-masing kelompok dihitung ulang dari nol.

·        Biasanya, SyababSalafy memberikan hukuman untuk kerja bakti asrama di hari Jum’at.

 

Nah, setelah SyababSalafy menerapkan ini dengan tegas kepada ‘anak-anaknya’, merekapun menjadi super rajin. Bangun tanpa diperintah. Super sensitif, alarm berdering mereka langsung bergegas membangunkan teman-temannya. Ini merupakan pengalaman SyababSalafy di saat mengemban tugas kemusyrifan di sebuah pesantren. Semoga saja ini bisa menginspirasi Anda di manapun berada. Bisa juga sih diterapkan oleh orangtua yang punya anak banyak.

Punya tips lain? Mari berbagi di kolom komentar. Gunakan mode anonim jika ingin identitas nama Anda tersembunyi.




4 komentar untuk "PUNYA ANAK BANYAK TAPI SUSAH BANGUN SEMUA? INI TIPS JITUNYA"

  1. Bagaimana tips mengajar metode bimbel untuk santri sederajat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman kami yang masih sangat sedikit, kita seharusnya bersikap menyusaikan dengan usia mereka. Jangan terlau dekat, sehingga mereka akan lancang terhadap kita. Jangan pula terlalu jauh, sehingga mereka akan terlalu sungkan dengan kita.

      Namun, kita berusaha untuk bersikap tengah-tengah. Sehingga, mereka berani menyampaikan keluhan mereka kepada kita, tetapi tetap menjaga adabnya dan sopan terhadap kita. Wibawa kita harus tetap terjaga.

      Hapus
  2. Bagaimana kita menghadapi anak didik/teman yang 'masa abg' nya dipenuhi rasa 'ingin bebas' sehingga mengarahkannya ke ulah negative layaknya anak luar?

    Mungkinkah faktor umur?

    BalasHapus
  3. Informatif tipnya.

    www.keepburger.com

    BalasHapus